Asuransi merupakan salah satu produk yang bertujuan sebagai alat proteksi diri. Dengan membeli produk asuransi, orang berharap akan dapat merasakan manfaatnya saat jatuh sakit atau mengalami hal yang tidak mengenakkan sesuai yang tertulis pada polis.

Saat jatuh sakit secara mendadak misalnya, kita tentunya berharap dapat mengklaim asuransi dengan cepat. Semakin cepat proses klaim asuransi, tentu semakin tenang nasabah tersebut dengan perusahaan asuransinya. Lalu, bagaimana saja cara klaim asuransi dengan cepat:

  1. Pahami Mekanisme Birokrasi

Agar bisa mengklaim asuransi dengan cepat, pahami dan pelajari seluruh mekanisme birokrasi di tempat tersebut terlebih dahulu. Misalnya ketika Anda ingin mengklaim asuransi kesehatan di sebuah rumah sakit swasta di daerah Jakarta Selatan, Anda harus memahami prosedurnya mulai dari cek berat badan dan tekanan darah, konsultasi dokter, cek ke kasir, baru kemudian ke apotek.

  1. Kontak Agen Asuransi

Biasanya proses klaim akan lebih cepat jika dilakukan ketka Anda telah menghubungi agen asuransi tersebut. Jika tidak dapat menghubungi agen asuranis, Anda dapat bertanya kepada CS (customer service) perusahaan asuransi tersebut. Segera kontak agen asuransi atau customer service jika Anda membutuhkan bantuan dalam proses klaim.

  1. Tentukan Manfaat yang Ingin Digunakan

Selanjutnya, Anda harus menentukan manfaat apa yang ingin Anda gunakan/ klaim saat itu. Ketika Anda jatuh sakit dan ingin melakukan klaim, perhatikan apa saja manfaat yang ingin digunakan, misalnya biaya konsultasi dengan dokter spesialis, obat, perawatan operasi, dan lain sebagainya.

  1. Penuhi Persyaratan serta Dokumen yang Diperlukan

iUntuk bisa mengklaim asuransi dengan cepat, Anda pun juga dituntut untuk ekstra cepat dalam menberikan dukungan atas proses klaim tersebut. Selalu bawa dokumen-dokumen penting seperti KTP dan NPWP dalam dompet Anda.

Jangan lupa siapkan KK (Kartu Keluarga), Akte Kelahiran, hingga Surat Nikah untuk berjaga-jaga. Siapkan juga beberapa fotokopian dokumen-dokumen tersebut. Biasanya, semakin cepat Anda bisa menyiapkan dokumen-dokumen ini, proses klaim asuransi Anda pun dapat dilakukan dengan lebih cepat.